Kamis, 06 Agustus 2015

Mengapa kita berobat dengan Habbatus sauda’?



Apakah Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) itu?

Habatussauda merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab.

Nama ilmiahnya adalah Nigella sativa. Berbatang pendek, tingginya 50 cm. Tanaman ini masih satu famili dengan Adas (Foeniculum capillaceum) dan Anise (Pimpinella anisum), sehingga terkadang dikira salah satu jenis tumbuhan adas. Buahnya berbentuk mirip kapsul, yang di dalamnya terdapat benih berwarna putih dengan bentuk segi empat. Warnanya cepat sekali berubah menjadi hitam jika terkena udara.

Khasiat Habbatus sauda’
Habbatus sauda’ sudah dikenal sejak lama sebagai obat yang manjur untuk mengobati berbagai penyakit. Khasiat habbatussauda’ ini sudah terbukti baik secara pengalaman maupun secara medis. Bahkan, khasiat habbatus sauda’ ini juga sudah dikabarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam:

Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
 
“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”

Imam Bukhori juga meriwayatkan hadist dari Aisyah bahwasanya ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;
"Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.”

Dalam riwayat Muslim:
“Tidak ada suatu penyakit, kecuali penyembuhannya ada didalam Habbatus Sauda.”

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka khasiat dari habbatus sauda’ ini makin terbukti. Banyak para ahli telah melakukan penelitian untuk mengungkapkan khasiat dari habbatus sauda’ ini. Di antaranya:

Prof. Wadi’ah Shalih Bakr meraih Doktor di bidang Biokimia dari Universitas di Inggris melalui disertasinya yang berjudul “Klasifikasi dan efek Obat terhadap Enzim-enzim Idionukleotida Kerongkongan pada Jaringan Payudara.

Di dalam disertasinya, ia mengupas pengaruh ekstrak habbatus sauda’ terhadap enzim-enzim nukleotida dalam jaringan.

Dalam disertasinya, dipaparkan terlebih dahulu beberapa riset yang telah dilakukan sebelumnya mengenai habbatus sauda’. Ia menyebutkan bahwa ada sejumlah laporan laboratorium yang menyebutkan efek nyata ekstrak habbatus sauda’ terhadap pengobatan. Sebagai contoh adalah ketika ekstrak habbatus sauda diberikan kepada tikus secara oral, maka hal itu berperan melindungi organ hati dari keracunan yang ditimbulkan oleh enzim D-Glukosa Amyn (El Dakhakhny and Madi, 1995).
Beberapa riset lain menguatkan bahwa minyak habbatus sauda’ memiliki peran yang sangat efektif dan baik dalam pengobatan sesak nafas (Gomaa et al, Chakravarty, 1993). Peneliti, Toppozada dkk, menemukan bahwa minyak habbatussauda sangat berkhasiat sebagai anti bakteri dan mikro organisme lain. Zat-zat aktif pada Habbatus Sauda’ juga sukses digunakan untuk mengobati infeksi telinga dan nyeri-nyeri pada rahang atas.

El-Kadi et al, 1990, membuktikan bahwa salah satu khasiat habbatus sauda’ adalah pengaruhnya dalam memperbaiki perbandingan sel-sel T pembantu terhadap sel-sel T penekan pada para penderita kelemahan sistem kekebalan, dimana kondisi mereka membaik, jumlah sel-sel T pembantu meningkat sedangkan jumlah sel-sel T penekan berkurang.

Berdasarkan uji kimiawi, terbukti bahwa minyak habbatussauda mencegah terjadinya kanker kulit pada tikus (El-Moufty, 1995).

Kreober 1993, menyatakan bahwa biji dan minyak habbatus sauda mengandung efek diuretik (melancarkan pembuangan urin). Tahir 1993, menemukan bahwa minyak atsiri Habbatus Sauda’ mengurangi kontraksi pembuluh darah jantung, serta berperan mencegah terjadinya ketegangan.
Dan masih banyak lagi penelitian yang telah dilakukan yang berhasil membuktikan khasiat dan kegunaaan habbatus sauda’

Kandungan Dari Habbatussauda Jintem Hitam Adalah :
1.             Asam-asam amino
2.             Oleat (omega 9)
3.             Linoleat (omega 6)
4.             Linolenat (omega 3)
5.             Alkaloid (Nigelleine dan Nigellamine-n-oxide)
6.             Fitosterol

Unsur-unsur dalam Habbatus Sauda’
100 gr Habbatus Sauda’ mengandung zat-zat sebagai berikut:
1. 13,19 gr air 6. 6, 2 mg niasin
2. 9,17 gr protein 7. 3,6 gr fiber
3. 9, 12 gr lemak 8. 8,7 gr abu
4. 80,10 mg kalsium 9. 463 kalori
5. 20 mg vitamin A

Cara Kerja Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam)
Habatussauda mengandung aneka vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh. Habbatussauda juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh, dll.
Selain kandungan bahan-bahan alami tersebut, habatussausa juga mengandung nigellon, yang termasuk dalam kategori zat anti-oksidan alami, seperti vitamin C dan A. Habatussauda juga mengandung glutathion yang memeilki peran fundamental dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Sejumlah hasil penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini menyatakan bahwa fungsi protektif Nigellon mampu melindungi tubuh dari berbagai bahaya zat-zat asing.

Beberapa Manfaat Habbatussauda Jinten Hitam Antara Lain Sebagai Berikut :

Meningkatkan Daya Ingat
Habbatussauda bisa membuat daya ingat seseorang menjadi lebih tajam karena kandungan asam linoleat (omega 6) dan kandungan linolenat (omega 3). Kandungan tersebut bisa menutrisi sel otak sehingga daya ingat seseorang akan lebih tajam dibandingkan dengan sebelumnya serta manfaat habbatussauda jinten hitam juga bisa membantu kecerdasan otak, maka dari itu habbatussauda sangat cocok bila dikomsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat habbatussauda jinten hitam yang ampuh adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia agar tidak mudah terserang berbagai penyakit yang akan masuk kedalam tubuh. biji jinten hitam bisa meningkatkan jumlah cells T dan bisa meningkatkan sel-sel pembunuh yang alami, jadi obat herbal habbatussauda sangat cocok digunakan bagi orang-orang yang mengalami penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti penyakit kangker dan aids.

Menjadi Anti Histamin
Perlu anda ketahui bahwa salah satu manfaat habbatussauda jinten hitam adalah sebagai anti histamin, histamin sendiri merupakan zat yang dilepaskan jaringan tubuh dan bisa menyebabkan seseorang terkena alergi, para peneliti sudah meneliti jinten hitam yang dijadikan obat habbatussauda dan hasilnya memang sangat besar karena habbatussauda bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam alergi yang dialami oleh seseorang.

Membantu Mengatasi saluran Pencernaan Dan Sebagai Anti Bakteri
Bagi anda yang mengalami gangguan pencernaan obat habbatussauda sangat cocok untuk mengatasi masalah tersebut, kandungan yang terdapat didalam obat herbal habbatussauda mampu membunuh bakteri penyebab diare dan masalah pencernaan yang lainnya.

Meningkatkan Air Susu Ibu (ASI)
Manfaat yang lainnya yang bisa anda dapatkan dari obat habbatussauda adalah untuk meningkatkan jumlah air susu ibu (ASI). Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui habbatussauda sangat dianjurkan untuk dikomsumsi karena selain bisa meningkatkan air susu ibu habbatussauda juga bisa memberika nutrisi dan gizi pada ibu dan anak.

Membantu Meremajakan Sel-Sel Kulit
Bagi anda terutama untuk wanita habbatussauda bisa membantu meremajakan sel-sel kulit dan bisa menunda proses penuaan, untuk anda yang ingin awet muda serta mempunyai kulit yang sehat habbatussauda adalah solusi yang paling tepat untuk anda gunakan. Habbatussauda sangat baik untuk menghaluskan kulit, melembabkan dan bisa meremajakan kulit anda.

Untuk Nutrisi Dan Food Suplement
Habbatussauda sangat banyak kandungan nutrisinya sehingga obat habbatussauda bisa digunakan untuk orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia) untuk mencegah penyakit alzheimer atau pikun. Orang-orang yang sudah lanjut usia membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap sehat dan stabil.

Para Peneliti Berpendapat Manfaat Habbatussauda Jinten Hitam Untuk Penyakit Adalah :
  • Membantu mengobati influenza
  • Membantu mengobati anemia
  • Membantu mengobati rheumatik
  • Membantu mengobati epilepsy
  • Membantu mengobati hepatitis
  • Membantu mengobati sakit asma
  • Membantu mengobati gondok
  • Membantu mengobati kencing manis
  • Membantu mengobati jantung
  • Membantu mengobati kolestrol
  • Membantu mengobati kencing batu
  • Membantu mengobati Stroke
  • Membantu mengobati darah tinggi
  • Membantu mengobati panas dalam
  • Membantu mengobati sakit kepala dan gigi
  • Membantu mengobati asam urat
  • Membantu mengobati impotent
  • Membantu mengobati sembelit dan keputihan
  • Sebagai anti kangker
  • Sebagai anti peradangan sendi dan organ
  • Menjaga penuaan dini

Diringkas dan dirangkum dari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar